PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIKADU) 2.0 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Muhammad Alfi Choery, 7101419025 (2023) PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIKADU) 2.0 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini menuntut organisasi untuk dapat memanfaatkan dan meningkatkan kualitasnya, salah satunya yaitu kualitas pelayanan, salah satu upaya untuk mewujudkan kualitas pelayanan yang diberikan yaitu dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi, harapannya dengan adanya sistem informasi segala aktivitas dapat dilakukan dengan mudah. Sistem Informasi Akademik Terpadu (Sikadu) 2.0 merupakan salah satu sistem informasi yang dimiliki Universitas Negeri Semarang, pada kenyataanya mahasiswa masih belum merasakan kepuasan, beberapa permasalahan yang dihadapi seperti server down, error, waktu akses yang lama, keandalan sistem, dan permasalahan lainnya, berdasarkan hasil observasi awal dinyatakan bahwa mahasiswa masih belum secara maksimal mendapatkan kepuasan atas sistem yang digunakan yaitu sebesar 10% mahasiswa menyatakan tidak puas dan sebesar 2,12% mahasiswa menyatakan sangat tidak puas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa pada penggunaan Sikadu 2.0 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Teori yang digunakan yaitu teori yang dikemukakan oleh DeloneMcLean yaitu D&M IS Success Model. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 976 mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2019. Sampel yang dibutuhkan yaitu sebanyak 284 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan area proposional probability random sampling, menggunakan metode pengumpulan data dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Berdasarkan analisis regresi berganda menunjukkan persamaan yaitu Y = 0.007 + 0.318X1 + 0.475X2 + 0.345X3 + e. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel kualitas informasi yaitu sebesar 26% hal ini membuktikan bahwa ketika informasi yang disajikan didalam sikadu memiliki kelengkapan, informasi yang relevan maka informasi tersebut dikatakan sebagai informasi yang berkualitas, selain itu format penyajian informasi yang menarik, tertata dan jelas juga akan mempengaruhi kepuasan bagi penggunanya. Simpulan dari penelitian ini yaitu semua variabel independen yang terdiri dari kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan mahasiswa pada penggunaan Sikadu 2.0. Saran yang diberikan dari penelitian ini yaitu berdasarkan analisis yang telah dilakukan hasil yang paling rendah yaitu pada variabel kualitas sistem pada indikator keandalan sistem sehingga perlu adanya perbaikan dari pihak pengembang untuk memperbaiki permasalahan error atau kerusakan sistem SIKADU ketika mahasiswa sedang mengakses.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:05 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65840 |
Actions (login required)
View Item |