Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving Berbantuan Media CD Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 11 Semarang


Kholifatul Khoiriyyah , 4301407005 (2011) Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving Berbantuan Media CD Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 11 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving Berbantuan Media CD Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 11 Semarang]
Preview
PDF (Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving Berbantuan Media CD Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 11 Semarang) - Submitted Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Di SMA Negeri 11 Semarang pembelajaran sebelumnya menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan dokumentasi hasil pembelajaran hanya 65% yang tuntas. Untuk memperbaiki hasil belajar peneliti menggunakan problem solving dengan berbantuan media CD. Permasalah yang diangkat dalam penelitian yaitu (1) Adakah pengaruh pembelajaran berpendekatan problem solving berbantuan media CD terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 11 Semarang?, (2) Jika ada, berapakah besar pengaruh pembelajaran berpendekatan problem solving berbantuan media CD terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 11 Semarang?. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh pembelajaran berpendekatan problem solving berbantuan media CD terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 11 Semarang, (2) seberapa besar pengaruh pembelajaran berpendekatan problem solving berbantuan media CD terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 11 Semarang. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling, kelas XI IA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi dan angket tanggapan siswa. Analisis dilakukan dua tahap yaitu analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, homogenitas, dan anava yang berfungsi untuk mengetahui keadaan awal populasi dan analisis hasil uji coba instrumen. Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji kesamaan dua rata-rata dua pihak, uji perbedaan dua rata-rata pihak kanan, analisis pengaruh antar variabel, koefisien determinasi, analisis aspek afektif dan psikomotorik, serta analisis tanggapan siswa. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran berpendekatan problem solving dengan berbantuan media CD berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 11 Semarang. Besarnya pengaruh yang diberikan sesuai analisis koefesien determinasi yaitu 23,479 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, problem solving, media CD, dan hasil belajar, Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 02:37
Last Modified: 25 Apr 2015 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6584

Actions (login required)

View Item View Item