PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL ILUSTRASI VISUAL INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DI MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI


Nur Miftachul Arifah, 4201419038 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL ILUSTRASI VISUAL INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DI MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201419038_Nur Miftachul Arifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengembangkan bahan ajar digital ilustrasi visual interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan literasi sains pada materi gelombang mekanik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri. 2) Menguji kelayakan bahan ajar digital ilustrasi visual interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan literasi sains pada materi gelombang mekanik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri. 3) Menguji keefektifan terhadap bahan ajar digital ilustrasi visual interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan literasi sains pada materi gelombang mekanik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri. 4) Mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar digital ilustrasi visual interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan literasi sains pada materi gelombang mekanik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri. Penelitian ini merupakan penelitian R&D menggunakan model ADDIE yang dikembangkan Dick & Carry. Subjek dalam penelitian ini adalah 37 siswa kelas XII IPA 1 dan 31 siswa Kelas XI IPA 1 MA Hasyim Asy’ari Bangsri. Angket validasi ahli menggunakan skala Likert 1-5 yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar digital ilustrasi visual interaktif berbasis pendekatan saintifik sangat layak digunakan dengan persentase 89,2% untuk ahli media dan 87,2% untuk ahli materi dengan validitas 0,87 dan 0,83. Penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA 1 MA Hasyim Asy’ari Bangsri meningkat dengan nilai N-Gain sebesar 0,079 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE Model, Bahan Ajar, Gelombang Mekanik, Literasi Sains, Pendekatan Saintifik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > Geophysics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:01
Last Modified: 25 Nov 2024 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65835

Actions (login required)

View Item View Item