PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK INVESTIGASI BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 TENGARAN
Rahayu Sulistiya Ningrum, 7101418256 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK INVESTIGASI BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 TENGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan model pembelajaran Kelompok Investigasi dengan berbantuan Peta Konsep yaitu dengan membentuk kelas eksperimen menjadi beberapa kelompok kecil menggunakan media pembelajaran mind mapping yang memberikan kemudahan untuk melakukan pembelajaran investigasi. Model pembelajaran Kelompok Investigasi berbantuan Peta Konsep diharapkan dapat melatih kemampuan peserta didik untuk menganalisis suatu permasalahan dengan memberikan argumen, menjelaskan suatu perbandingan dan membuat suatu kesimpulan terhadap persoalan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis antara siswa kelas XI IPS yang belajar dengan model pembelajaran group investigation berbantuan mind mapping, dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan nonequivalent group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 72 orang siswa, 36 orang siswa XI IPS 4 sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 36 orang siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test dan uji N�Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kelompok investigasi berbantuan peta konsep berpengaruh untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tengaran. Rata�rata hasil tes akhir sebesar 80,00 dengan persentase ketuntasan pembelajaran sebesar 83,30% dan rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 72,97% artinya aktivitas belajar yang dimiliki siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori aktif. serta rata-rata persentase hasil analisis lembar observasi motivasi siswa sebesar 88,34% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada: (1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran Group Investigasi dengan media Peta Konsep pada pelajaran ekonomi, (2) Siswa harus mampu berperan aktif dalam pembelajaran, (3) Sekolah hendaknya menerapkan model pembelajaran yang aktif bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelompok Investigasi, Peta Konsep, Motivasi belajar, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:51 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65827 |
Actions (login required)
View Item |