PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA (Studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2022/2023)


Eka Wulandari, 7101418255 (2022) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA (Studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2022/2023). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418255_Eka Wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan kerja seseorang dipandang sebagai usaha untuk mempersiapkan dalam mematangkan dirinya dalam hal pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai yang diperlukan dalam menekuni sebuah pekerjaan. SMK sebagi sekolah kejuruan yang mempersiapkan lulusan tingkat menengah yang terampil dan berkompeten terus berupaya untuk meningkatkan angka keterserapan lulusan, salah satunya adalah membangun kesiapan kerja lulusannya melalui kerjasama dengan dunia industri. Tuntutan lapangan kerja yang selalu berubah belum mampu dipenuhi oleh beberapa lulusan SMK. Hal ini masih menjadi masalah klasik dalam dunia pendidikan bahwa link and match antara output pendidikan SMK dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri, self-efficacy dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar kelas XII Tahun 2022/2023. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 534 responden. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pegumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi berganda dengan program IBM SPSS Statistics version 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kerja industri, self-efficacy dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan kerja sebesar 48%, sedangkan secara parsial praktik kerja industri berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 9,1%, self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 19,34% dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 0,37%. Saran yang diberikan bagi pihak sekolah adalah melakukan bimbingan dan memantau kemampuan siswa selama melaksanakan praktik kerja industri, sedangkan untuk siswa adalah agar mampu melaksanakan praktik kerja industri dengan maksimal, mampu bekerja sama dan bertanggung jawab efektif selama pelaksanaan praktik kerja industri supaya mendapatkan hasil yang baik sehingga siswa lebih siap memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Industri, Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:49
Last Modified: 25 Nov 2024 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65825

Actions (login required)

View Item View Item