PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASY OF USE, DAN ATTITUDE TOWARD USING TERHADAP BEHAVIOR INTENTION MENGGUNAKAN ELENA DENGAN TECHNOLOGY INNOVATIVENESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Reny Dwi Anggrayni, 7101418254 (2023) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASY OF USE, DAN ATTITUDE TOWARD USING TERHADAP BEHAVIOR INTENTION MENGGUNAKAN ELENA DENGAN TECHNOLOGY INNOVATIVENESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418254_RENY DWI ANGGRAYNI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Behavior intention merupakan keinginan atau niat seseorang dalam menggunakan sistem teknologi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa masih terdapat fitur ELENA yang belum dimanfaatkan oleh dosen secara maksimal sebagai media belajar mengajar. Masih terdapat mahasiswa yang belum menggunakan ELENA yang diciptakan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan perlu adanya evaluasi terutama pada minat mahasiswa menggunakan ELENA dalam perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel perceived usefulness, perceived ease of use, dan attitude toward using terhadap behavior intention menggunakan ELENA dengan technology innovativeness sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang tahun 2022 sejumlah 31.143 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 395 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan analisis Partial Least Square-Stuctural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavior intention menggunakan ELENA. Perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap behavior intention menggunakan ELENA. Attitude toward using berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavior intention menggunakan ELENA. Technology innovativeness berpengaruh positif dan signifikan dalam memoderasi pengaruh perceived usefulness terhadap behavior intention menggunakan ELENA. Technology innovativeness berpengaruh positif dan signifikan dalam memoderasi pengaruh perceived ease of use terhadap behavior intention menggunakan ELENA. Technology innovativeness berpengaruh negatif dan signifikan dalam memoderasi pengaruh attitude toward using terhadap behavior intention menggunakan ELENA. Saran dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang disarankan untuk mengikuti arus perkembangan teknologi terbaru untuk digunakan sehari-hari dalam membantu pekerjaan. Kemudian dosen disarankan mengoptimalkan penggunaan fitur ELENA. Serta untuk meningkatkan minat menggunakan ELENA sebaiknya tim pengembang ELENA memperbaiki kemudahan akses dan jaringan untuk akses ELENA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Behavior Intention, E-learning, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Attitude Toward Using, Technology Innovativeness.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:47
Last Modified: 25 Nov 2024 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65823

Actions (login required)

View Item View Item