PEMANFAATAN PLATFORM E-LEARNING MEDIADIDIK SMANSUK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA LURING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKODONO TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Dita Islania Rahmawati, 3101419009 (2023) PEMANFAATAN PLATFORM E-LEARNING MEDIADIDIK SMANSUK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA LURING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKODONO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui alasan guru sejarah di SMA Negeri 1 Sukodono masih menggunakan e-learning Mediadidik Smansuk dalam pembelajaran sejarah secara luring, (2) mengetahui bagaimana pemanfaatan e-learning Mediadidik Smansuk dalam pembelajaran sejarah luring pada siswa kelas XI, dan (3) mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan e-learning Mediadidik Smansuk dalam pembelajaran sejarah secara luring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus di SMA Negeri 1 Sukodono. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, dokumen, dan aktivitas. Pada penelitian ini informannya yaitu guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukodono. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu (1) Alasan guru sejarah masih menggunakan e-learning Mediadidik Smansuk yaitu membantu guru jika tidak dapat hadir melaksanakan proses pembelajaran di kelas dan penggunaannya relatif mudah, fleksibel sehingga mempermudah guru dalam melakukan evaluasi. (2) Pemanfaatan e-learning Mediadidik Smansuk dalam pembelajaran sejarah digunakan pada waktu-waktu tertentu seperti penilaian tengah semester, latihan soal PAS, ulangan harian, dan penilaian akhir semester. Penggunaannya diawali dengan guru menyiapkan platform kemudian guru dapat menggunakan fitur yang ada seperti mengunggah materi, tugas, dan tes. (3) Kelebihan dan kekurangan e�learning Mediadidik Smansuk yaitu guru dapat melihat aktivitas kegiatan peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik dapat mengakses bahan bacaan yang tersedia di e-learning secara berulang-ulang. Namun, guru tidak bisa leluasa memberikan nilai kepada peserta didik, tidak ada notifikasi materi dan penugasan serta diperlukan akses internet yang memadai sehingga diperlukan tambahan biaya untuk mendukung penggunaannya. Penelitian ini menyarankan bahwa hendaknya guru masih memanfaatkan e�learning Mediadidik Smansuk dalam pembelajaran sejarah luring jika berhalangan hadir ke sekolah karena masih relevan dan memiliki manfaat dalam pembelajaran luring.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Platform E-learning Mediadidik Smansuk, Pembelajaran Luring, Sejarah Indonesia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:46 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |