ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2021/202


Faridatun Hanifah, 3101418079 (2023) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2021/202. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101418079_Faridatun Hanifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas butir soal pada PAS mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Purbalingga tahun pelajaran 2021/2022 ditinjau dari aspek materi, konstruksi, bahasa dan distribusi jenjang ranah kognitifnya. (2) untuk mengetahui kualitas butir soal pada PAS mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Purbalingga tahun pelajaran 2021/2022 ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas distraktor. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis butir soal secara kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui studi dokumentasi yaitu berupa; soal, kunci jawaban dan lembar jawaban peserta tes. Populasi dari penelitian ini adalah semua lembar jawaban penilaian akhir semester kelas XI IPS. Sementara, sampel dalam penelitian ini adalah 106 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis kualitatif memenuhi 96% aspek materi, 95,14%, aspek konstruksi, dan 73,5% aspek bahasa. Sedangkan ditinjau dari distribusi Jenjang Ranah Kognitif terdapat 7 soal (14%) berkategori (C1), 35 (70%) soal berkategori (C2), 3 soal (6%) berkategori (C3) dan 5 soal (10%) berkategori (C4). Pada analisis kuantitatif aspek validitas, butir soal yang valid berjumlah 39 butir (78%) sedangkan 11 butir (22%) tidak valid. Dilihat dari segi reliabilitas, termasuk soal dengan reliabilitas yang sangat tinggi yaitu 0,862. Dari segi tingkat kesukaran, soal sukar berjumlah 10 butir (20%), soal sedang 25 butir (50%), dan mudah 15 butir (30%). Dilihat dari segi daya pembeda, butir soal berkategori jelek berjumlah 6 butir (12%), kategori cukup 7 butir (14%), kategori baik 26 butir soal (52%), serta 9 butir soal (18%) dengan kategori baik sekali, sedangkan soal bernilai negatif dengan kategori semuanya tidak baik sebanyak 2 butir (4%%). Dilihat dari segi keefektifan penggunaan distraktor, dari 50 butir soal yang termasuk dalam kategori sangat baik berjumlah 21 butir soal (42%), berfungsi baik 10 butir soal (20%), berfungsi cukup 10 butir soal (20%), berfungsi kurang baik 5 butir soal (10%), dan berfungsi tidak baik/jelek 4 butir soal (8%). Kesimpulan dari penelitiannya ini adalah secara keseluruhan soal PAS sejarah Indonesia ditinjau analisis kualitatif dari materi, kontruksi dan bahasa memiliki kualitas yang baik. Namun, distribusi jenjang ranah kognitif didominasi oleh ranah kognitif C2 yang mengukur kemampuan berfikir tingkat rendah. Sementara, ditinjau dari analisis kuantitatif secara keseluruhan soal kualitasnya belum baik. Sedangkan saran yang diberikan dari penelitian ini ialah dalam penyusunan soal, sebaiknya dimantapkan dengan melakukan uji coba soal tes yang akan diujikan, melakukan analisis butir soal dan melakukan pengembangan terhadap tes yang disusun berdasarkan analisis butir soal yang telah dilakukan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Mata Pelajaran Sejarah Indonesia, program Iteman versi 3.00
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:34
Last Modified: 25 Nov 2024 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65814

Actions (login required)

View Item View Item