PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN ULASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI SHOPEE DI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2019
Chorina Sinta Devi, 7101418144 (2023) PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN ULASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI SHOPEE DI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2019. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pesatnya perkembangan internet menjadikan masyarakat Indonesia semakin terbuka terhadap kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi menjadikan perubahan di dunia bisnis hal ini menyebabkan perusahan harus menciptakan strategi baru untuk bersaing dari perusahaan lain. Hampir setiap hari masyarakat Indonesia beraktifitas menggunakan internet, salah satunya dalam bidang ekonomi yang meliputi pemasaran barang dan jasa bahkan sampai transaksi jual beli juga menggunakan internet seperti belanja secara online. Sebelumnya berbelanja harus datang langsung ke toko tetapi sekarang pembeli bisa melakukan transaksi berbelanja secara online menggunakan marketplace. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek, promosi, dan ulasan produk terhadap minat beli pada aplikasi shopee di Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 165 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dengan menggunakan angka indeks five box method dan menggunakan SEM dengan software warpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, promosi, dan ulasan produk pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, promosi, dan ulasan produk berpengaruh terhadap minat beli pada aplikasi shopee di Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 Berdasarkan hasil penelitian, saran dalam penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang citra merek, memahami promosi yang ditawarkan di marketplace Shopee serta memiliki kemampuan untuk membandingkan produk yang akan dibeli dengan produk lainnya. Sehingga dengan menerapkan hal tersebut dengan baik dapat menjadi pertimbangan terlebih dahulu sebelum membeli produk yang diminati.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Promosi, Ulasan Produk, Minat Beli, dan Aplikasi Shopee |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:30 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65813 |
Actions (login required)
View Item |