PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TERHADAP MATERI SEJARAH PROKLAMASI DAN PEMBENTUKAN NASIONALISME DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023


Zufar Arsyad Zaman, 3101418053 (2023) PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TERHADAP MATERI SEJARAH PROKLAMASI DAN PEMBENTUKAN NASIONALISME DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101418053_Zufar Arsyad Zaman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Negara Indonesia berdiri atas dasar perjuangan hebat para pahlawan dalam mengusir penjajah, generasi dizaman sekarang perlu menjaga keutuhan negara sebagai bentuk menghargai jasa pahlawan. Perlu adanya rasa nasionalisme dalam menjaga keutuhan negara, ditengah era globalisasi seperti saat ini. Banyak sarana yang bisa pergunakan untuk memupuk rasa nasionalisme, salah satunya sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta yang berbasis agama. Akan tetapi walaupun sekolah swasta lebih menonjolkan keagamaan, tidak melupakan aspek nasionalisme. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Semarang dengan informan guru sejarah kelas XI, dan beberapa siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi, dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tujuan Penelitian ini : (1) Mengetahui bagaimana siswa kelas XI mengimplementasikan materi sejarah proklamasi Indonesia; (2) mengetahui kepemahaman siswa kelas XI dalam menerima materi sejarah materi proklamasi Indonesia; (3) mengetahui sikap nasionalisme yang ditunjukan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Semarang. Hasil penelitian menunjukan (1) Siswa sudah mengimplementasikan materi sejarah proklamasi, Namun sebagian siswa tidak terlalu mengetahui secara mendalam terkait peristiwa proklamasi; (2) Siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran sejarah materi proklamasi Indonesia; (3) . Siswa telah menunjukan sikap nasionalisme di sekolah maupun kehidupan sehari-hari, namun ada siswa yang merasa biasa saja terkait sikap nasionalisme. Kesimpulan dari penelitian ini siswa sudah mengaplikasikan materi sejarah proklamasi, namun hanya beberapa siswa mengetahui lebih mengenai terkait peristiwa proklamasi. Siswa juga merasa senang mengikuti pembelajaran , dikarenakan guru menggunakan berbagai metode dan siswa dan siswa telah menunjukan sikap nasionalisme dalam dirinya, walaupun ada yang merasa biasa saja terhadap sikap nasionalisme.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Pemahaman, Nasionalisme.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:27
Last Modified: 25 Nov 2024 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65809

Actions (login required)

View Item View Item