PENGARUH EFIKASI DIRI, DUKUNGAN ORANG TUA, DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2019-2021 FE UNNES
Damar Pertiwi Sumarno Putri, 7101418125 (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, DUKUNGAN ORANG TUA, DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2019-2021 FE UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pada penelitian ini mengambil tema minat menjadi guru pada mahasiswa Angkatan 2019-2021 Fakultas Ekonomi UNNES. Berdasarkan hasil Tracer Study didapatkan hasil bahwa pada lulusan tahun 2021 terjadi peningkatan lulusan yang bekerja di bidang non pendidikan sebanyak 10,9%. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh efikasi diri, dukungan orang tua, dan persepsi profesi terhadap minat menjadi guru mahasiswa PAP Angkatan 2019-2021 FE UNNES. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa PAP Angkatan 2019-2021 FE UNNES yang berjumlah 362 mahasiswa. Ukuran sampel penelitian ini menggunakan sebanyak 190 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dari 4 (empat) hipotesis yang diajukan, terdapat 4 (empat) hipotesis yang diterima, dengan rincian sebagai berikut, (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa (2) dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa (3) persepsi profesi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa, (4) efikasi diri, dukungan orang tua, dan persepsi profesi seacara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 (empat) hipotesis yang diajukan, terdapat 4 (empat) hipotesis yang diterima. Saran kepada mahasiswa yaitu agar lebih meningkatkan kepercayaan diri dan mengikuti workshop yang berkaitan dengan guru supaya minat menjadi guru dapat meningkat. Saran peneliti selanjutnya, diharapkan mampu mengembangkan variabel lain yang mempengaruhi minat menjadi guru selain yang dilakukan dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat menjadi Guru, Efikasi Diri, Dukungan Orang Tua, Persepsi Profesi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:20 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65803 |
Actions (login required)
View Item |