PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Nita Warohmah, 3101418031 (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Sejarah adalah mata pelajaran yang mempelajari tentang peristiwa-peristiwa pada masa lampau yang bertujuan agar generasi penerus bangsa dapat mengetahui dan meneladaninya. Mengingat materi sejarah yang banyak, maka diperlukan model pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Project Based Learning terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah pada kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah efektivitas Model Project Based Learning dalam pembelajaran sejarah Kelas X SMA Negeri 14 Semarang? 2) Bagaimanakah peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah melalui Model Project Based Learning Kelas X SMA Negeri 14 Semarang? Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan desain Quasy Eksperimen dengan mengaplikasikan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas X SMA Negeri 14 Semarang dengan mengambil sampel Kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan Kelas X-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Variabel yang digunakan adalah Model Project Based Learning (X) dan Kreativitas Siswa (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Persentase dan Analisis Deskriptif Statistik. Uji Normalitas dalam penelitian ini menggunakan Rumus Kolmogorov Smirnov dan Saphiro Wilk. Nilai signifikansi Uji Normalitas diperoleh 0,345 sehingga data berdistribusi normal. Uji Homogenitas dalam penelitian ini menggunakan Uji F. Nilai signifikansi Uji Homogenitas diperoleh 0,111 sehingga data berdistribusi homogen. Uji Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana. Nilai signifikansi Uji Hipotesis diperoleh 0,019 sehingga dapat disimpulkan bahwa H
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Project Based Learning, Pembelajaran Sejarah, Kreativitas Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 03:16 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 03:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |