ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI TPACK PADA MATERI ASAM BASA
Fransiska Nendrasari, 4301419085 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI TPACK PADA MATERI ASAM BASA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Abad 21 menuntut manusia menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar menjadi manusia unggul dan berdaya saing. Dalam mempersiapkannya diperlukan keterampilan abad 21 bisa diasah sedini mungkin melalui pendidikan sekolah. Salah satu keterampilan abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan ini diperlukan untuk memecahkan permasalahan nyata yang dihadapi dalam dunia pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Desain metode deskriptif kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one shot case study. Desain penelitian ini digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada materi Asam Basa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dimana pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Kemampuan berpikir kritis melalui model PBL terintegrasi TPACK dikategorikan dari mulai dari sangat rendah, rendah, cukup, tinggi, dan sangat tinggi. Indikator yang dianalisis meliputi tes dan nontes. Tes terdiri dari indikator analisis, evaluasi, dan inferensi. Sedangkan nontes terdiri dari indikator analisis, evaluasi, inferensi, self regulation, interpretasi, dan eksplanasi. kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori tinggi (37,14%) dan sangat tinggi (51,43%). Sedangkan sisanya dalam kategori cukup dengan presentase 11,43%.Kemampuan berpikir kritis siswa XI MIPA SMA N 1 Ungaran dalam kategori sangat baik. Pembelajaran melalui model PBL terintegrasi TPACK dapat digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, problem based learning, tpack |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |