PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERGERAKAN NASIONAL PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 COMAL PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Cahyo Nogroho, 3101417058 (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERGERAKAN NASIONAL PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 COMAL PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan era globalisasi yang terjadi di Indonesia memberikan dampak pada semua sektor, salah satunya adalah permasalahan moral bagi generasi muda. Permasalahan moral pada generasi muda sebagai indikasi bahwa telah terjadi penurunan kualitas karakter yang mengakibatkan bergesernya nilai�nilai dalam kehidupan baik pribadi maupun masyarakat. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai pendidikan karakter menjadi bagian penting dari proses pembelajaran sejarah. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat menjadi contoh untuk membentuk karakter bangsa sesuai dengan identitas bangsa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penanaman nilai�nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah materi pergerakan nasional kelas XI di SMA Negeri 1 Comal? (2) Bagaimana pemahaman siswa terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah materi pergerakan nasional? (3) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah materi pergerakan nasional?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Uji validitas menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian, Menunjukan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah materi pergerakan nasional pada kelas XI SMA Negeri 1 Comal dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajarannya guru menanamkan kepda siswa dengan memberikan keteladanan dari tokoh, memberikan pesan moral, dan memberikan contoh nyata nilai karakter. Siswa paham mengenai nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan nilai karakter profil pelajar. Hambatan yang dihadapi guru dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter yaitu fasilitas pembelajaran, perbedaan karakter siswa dan respon siswa. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah materi pergerakan nasional pada kelas XI SMA Negeri 1 Comal berhasil dilaksanakan oleh guru. Akan tetapi dalam impementasinya, siswa membutuhkan perhatian dari berbagai elemen di sekolah dan orang tua siswa agar senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter di kehidupan sehari-hari. Saran yang diajukan kepada pihak sekolah dan orang tua diharapkan dapat bekerja sama penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, selain itu perlu adanya peningkatan program penguatan pendidikan karakter dari sekolah, serta guru perlu mengembangkan metode dan media.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:24 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65782 |
Actions (login required)
View Item |