PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL, PENGOLAHAN KOLEKSI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA MASA KENORMALAN BARU DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PATI
Danang Candra Bayuaji, 7101417143 (2023) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL, PENGOLAHAN KOLEKSI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA MASA KENORMALAN BARU DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perpustakaan dituntut beradaptasi dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, hal tersebut menjadi sebuah peluang sekaligus tantangan bagi pustakawan agar lebih signifikan memberikan peran dalam melaksanakan tugasnya secara profesional dengan memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dalam rangka perkembangan pendidikan pada masyarakat di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh komunikasi interpersonal, pengolahan koleksi, dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan pada masa kenormalan baru di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka dengan minimal pernah sekali atau lebih dari satu kali melakukan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku atau berkunjung ke perpustakaan pada masa pandemi, dengan berpatokan pada jumlah kunjungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati tahun 2020 yang berjumlah 8022 diambil sampel sebanyak 99 pemustaka menggunakan rumus slovin dengan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling sampling. Metode pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sementara metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda menggunakan program IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 7,448 + 0,189 X1 + 0,282 X2 + 0,373 X3 + e. Besarnya pengaruh secara simultan antara komunikasi interpersonal, pengolahan koleksi, dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan pada masa kenormalan baru di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati sebesar 62,2% dan sisanya 37,8% dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor di luar penelitian ini. Variabel yang memberikan pengaruh paling tinggi yaitu pengolahan koleksi sebesar 21,44%, diikuti oleh budaya organisasi sebesar 15,44%, dan komunikasi interpersonal sebesar 7,29%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh komunikasi interpersonal, pengolahan koleksi, dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan pada masa kenormalan baru di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati secara simultan dan parsial. Saran dari penelitian ini adalah petugas perpustakaan dalam berkomunikasi agar menekankan senyum, sapa, salam, sopan dan santun dalam menyampaikan informasi pelayanan perpustakaan, petugas perlu melakukan pengecekan secara berkala terhadap tata letak ukuran dan jenis koleksi buku di rak, kerjasama tim antara petugas agar lebih kompak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Pengolahan Koleksi, Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:05 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65766 |
Actions (login required)
View Item |