IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI HUMANISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI G30S/PKI PADA SISWA DI SMA/MA KABUPATEN BATANG
Aghnia Ulinnuha, 3101415040 (2023) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI HUMANISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI G30S/PKI PADA SISWA DI SMA/MA KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pengambilan nilai-nilai humanisme bertujuan untuk menjadikan dan menempatkan siswa sebagai manusia yang bebas dalam proses belajar. Pembelajaran tentang materi G30S/PKI dapat diaplikasikan menggunakan teori humanisme. Dalam mempelajari peristiwa G30S/PKI guru membimbing siswa untuk mengambil nilai-nilai humanisme atau kemanusiaan yang ada Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah informan dan dokumentasi. Alat dan teknik pengumpulan data berupa wawancara (guru sejarah dan siswa), observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teoridan dianalisis secara kualitatif yang meliputi pengumpulan data,; reduksi data; penyajian data; dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Sejarah materi G30S/PKI dibeberapa sekolah di Kabupaten Batang menggunakan metode yang bervariasi. (2) Implementasi nilai-nilai humanisme melalui pembelajaran sejarah materi G30S/PKI pada siswa di SMA/MA Kabupaten Batang dilakukan dalam dua cara: Pertama, penyampaian pesan menggunakan contoh sikap dari tokoh yang terlibat peristiwa G30S/PKI. Kedua, penerapan langsung pada saat pembelajaran dapat dilihat dari ketiga contoh nilai humanisme, yaitu: Peduli terhadap orang lain, diimplementasikan pada saat berdiskusi dalam kelompok memperhatikan hal-hal yang disampaikan oleh teman. Solidaritas, diimplementasikan saat berdiskusi di kelas mengedepankan kepentingan bersama demi mencapai tujuan yang sama. Menghargai pendapat orang lain, diimplementasikan saat berdiskusi antar kelompok tidak merendahkan pendapat teman meskipun berbeda pendapat. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran sejarah materi G30S/PKI dibagi menjadi kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal berupa ketersediaan buku-buku bacaan yang terkait dengan materi pembelajaran G30S/PKI masih belum tersedia di perpustakaan sekolah. Kendala eksternal berbagai macam respon siswa terhadap materi pembelajaran, namun masih bisa dikendalikan oleh guru. Simpulan penelitian yaitu implementasi nilai-nilai humanisme pada siswa di SMA/MA Kabupaten Batang diterapkan dalam pembelajaran sejarah materi G30S/PKI dengan cara penyampaian pesan oleh guru dan penerapan langsung saat pembelajaran. Saran penelitian yaitu sekolah hendaknya menambah koleksi buku terkait pelajaran agar guru dapat mengembangkan metode yang sesuai dengan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Nilai-Nilai Humanisme, Pembelajaran Sejarah Materi G30S/PKI. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:02 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65763 |
Actions (login required)
View Item |