EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK N 2 Purworejo Materi Peluang Usaha)


Mutia Muli Rochani, 7101419142 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK N 2 Purworejo Materi Peluang Usaha). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 710141942_Mutia Muli Rochani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu proses mengkombinasikan berpikir logis (berpikir logis merupakan cara berpikir yang digunakan untuk memverifikasi ide ide yang sudah dicari) dan berpikir divergen (berpikir divergen merupakan cara berpikir yang digunakan untuk mencari ide–ide untuk menyelesaikan sesuatu). Dari data pra penelitian yang dilakukan di SMK N 2 Purworejo melalui wawancara dan observasi ditemukan permasalahan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa rendah dalam pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning berbantuan media video terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) SMK N 2 Purworejo dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan XI AKL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000. Nilai tersebut menunjukan bahwa 0.000 ˂ 0.05 maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media video dengan menggunakan model pembelajaran ceramah dan nilai N-Gain pada kelas eksperimen adalah sebesar 38.55% termasuk kedalam kategori sedang. Pada kelas kontrol nilai N-Gain adalah 4,97% termasuk kedalam kategori yang rendah yang artinya model pembelajaran project based learning berbantuan media video lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan model pembelajaran ceramah. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning berbantuan media video efektif digunakan pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan materi peluang usaha. Saran penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas model pembelajaran yang digunakan dengan mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan keadaan pada zaman sekarang ataupun menggabungkan dua model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Media Video
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 01:42
Last Modified: 25 Nov 2024 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65750

Actions (login required)

View Item View Item