Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah Kelas VII E SMP Negeri 1 Ngadirejo Tahun Ajaran 2010/2011 Melalui Media Crossword Puzzle


Kurnia Setia Jati , 3101407055 (2011) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah Kelas VII E SMP Negeri 1 Ngadirejo Tahun Ajaran 2010/2011 Melalui Media Crossword Puzzle. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah Kelas VII E SMP Negeri 1 Ngadirejo Tahun Ajaran 2010/2011 Melalui Media Crossword Puzzle]
Preview
PDF (Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah Kelas VII E SMP Negeri 1 Ngadirejo Tahun Ajaran 2010/2011 Melalui Media Crossword Puzzle) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPS Sejarah kelas VII E kurang memuaskan karena masih banyak siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Guru masih monoton dalam melaksanakan pembelajaran. Guru kurang memanfaatkan media pembelajaran. Siswa merasa bosan dengan pembelajaran guru yang sering menggunakan ceramah. Siswa juga sering mengalami lupa terhadap materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS Sejarah kelas VII E SMP Negeri 1 Ngadirejo tahun ajaran 2010/2011?. Media pembelajaran bertujuan agar materi lebih mudah diterima oleh siswa. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu crosssword puzzle. Media ini dapat menjadikan suasana belajar menjadi santai dan menyenangkan. Karakter siswa kelas VII E yang masih senang bermain akan membuat media crossword puzzle menjadi suatu media yang menarik perhatian siswa. Suasana pembelajaran yang menyenangkan akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP N 1 Ngadirejo yang berjumlah 34 siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Data tentang aktivitas siswa dan kinerja guru diperoleh dari lembar observasi. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila nilai tes mata pelajaran IPS Sejarah ≥ 70. Siklus II diadakan untuk memperbaiki kekurangan pada siklus I baik dari segi pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS sejarah siswa kelas VII E SMPN 1 Ngadirejo tahun ajaran 2010/2011. Sebelum penelitian nilai rata-rata kelas hanya sebesar 68,32 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44,12%. Siklus I nilai rata-rata mencapai 73,15 dengan ketuntasan klasikal 70,59%. Selanjutnya, siklus II nilai rata-rata juga mengalami peningkatan sebesar 84,56 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,24%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar klasikal 80%. Kekurangan pada siklus I juga sudah dapat diperbaiki. Simpulan hasil penelitian adalah penerapan media crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar. Saran untuk guru sejarah, dapat menggunakan media crossword puzzzle dalam pembelajaran. Guru harus lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran dan sekolah diharapkan memberi fasilitas penunjang pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Crossword Puzzle, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 02:29
Last Modified: 25 Apr 2015 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6575

Actions (login required)

View Item View Item