LITERATURE REVIEW: MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA
Wafirotul Fitriyah, 4201417018 (2023) LITERATURE REVIEW: MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Menurut hasil asesmen PISA, Indonesia berada di sepuluh negara terbawah yang memiliki tingkat literasi sains rendah. Literasi sains menunjukkan kemampuan individu dalam memahami, mengkomunikasikan, serta mengaplikasikan suatu konsep sains dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut pada peserta didik yaitu adanya miskonsepsi peserta didik. Guna mengatasi dan memperbaiki miskonsepsi, perubahan konseptual peserta didik harus dilaksanakan. Untuk memulainya, identifikasi miskonsepsi peserta didik merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Identifikasi miskonsepsi peserta didik ini berfokus pada materi hukum Newton di SMA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah systematic literature review dengan cakupan data literatur tahun 2017-2021. Penelitian ini mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik dengan fokus materi hukum Newton tentang gerak di SMA. Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil miskonsepsi yang ditemukan pada peserta didik, (2) mengungkapkan metode-metode yang telah digunakan untuk mendiagnosis miskonsepsi peserta didik, (3) mengidentifikasi penyebab-penyebab miskonsepsi peserta didik, dan (4) menjelaskan metode untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 sampai bulan Maret 2023. Prosedur penelitian meliputi defining a research question, study justification, selecting search item, inclusion and exclusion criteria, database, dan conducting and reviewing the search. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) miskonsepsi yang ditemukan pada peserta didik pada materi hukum Newton di SMA tersebar pada semua sub materi pada materi hukum Newton, yaitu: gaya, hukum I Newton, hukum II Newton, hukum III Newton, gaya normal, gaya berat, gaya gesek, dan aplikasi hukum Newton, (2) metode yang digunakan untuk mendiagnosis miskonsepsi peserta didik pada materi hukum Newton di SMA yaitu multiple choices test, open ended questions test, multiple-tier test, dan multi-diagnostic test, (3) penyebab miskonsepsi peserta didik pada materi hukum Newton dari literatur yang ditelaah yaitu peserta didik, guru, buku teks, konteks hidup, serta metode mengajar, dan (4) terdapat tiga metode untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik pada hukum Newton yang disarankan dalam literatur yang ditelaah yaitu metode eksperimen, modeling instruction, dan mental modeling
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Peserta Didik, Hukum Newton, SMA |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > Geophysics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 01:30 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 01:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65747 |
Actions (login required)
View Item |