PENGEMBANGAN PEDOMAN PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS ARUS SEARAH BERBANTUAN TINKERCAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK


Praditya Wicaksono, 4201418064 (2023) PENGEMBANGAN PEDOMAN PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS ARUS SEARAH BERBANTUAN TINKERCAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201418064_Praditya Wicaksono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran fisika materi listrik dinamis saat ini masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Maka metode pembelajaran alternatif yang tepat seperti metode percobaan atau praktikum. Untuk menunjang kegiatan praktikum maka diperlukan pedoman untuk praktikum yang tepat dengan materi. Mendeskripsikan karakteristik pedoman praktikum, menganalisis keefektifan dari segi peningkatan kemampuan pemahaman peserta didik dan menganalisasi kepraktisan pedoman praktikum tersebut. Metode penelitian ini yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Researh and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan validasi modul, tes, serta kuesioner. Obyek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA N 1 Purwodadi. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari instrumen validitas, instrumen kepraktisan, dan hasil tes. Nilai dari kevaliditasan pedoman praktikum diperoleh dari nilai rata-rata skor yang diberikan oleh validator. Keefektifan pedoman praktikum diperoleh dengan uji N-Gain. Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebuah produk berupa pedoman praktikum listrik dinamis arus searah berbantuan Tinkercad. Dari hasil analisis data, pedoman praktikum yang dikembangkan dikategorikan sangat valid. Pedoman praktikum ini efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai N-gain dengan kriteria baik. Kepraktisan pedoman praktikum yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tinkercad, laboratorium virtual, pedoman praktikum, listrik dinamis
Subjects: L Education > L Education (General) > how to learn
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 01:27
Last Modified: 25 Nov 2024 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65746

Actions (login required)

View Item View Item