PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP
Zara Latiefa, 4001417074 (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan pendidikan dan teknologi di abad 21 semakin maju. Masyarakat yang berada pada era ini terkhusus tenaga pendidik dan peserta didik dituntut melek teknologi dan diharuskan dapat mengikuti perkembangan teknologi. Media belajar berbasis teknologi Augmented Reality akan memberi feedback baik kepada peserta didik berupa kenyamanan dalam belajar karena peserta didik akan terlibat secara interaktif dalam penggunaannya. Dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi berbasis Augmented Reality peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran karena teknologi ini menampilkan objek 3D, gambar, teks, video dan audio secara nyata sehingga menjadikan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan. Pendidikan yang menyenangkan yaitu apabila tercipta suasana yang rileks, aman, bebas dari tekanan, timbulnya minat dan motivasi belajar, menarik, menggembirakan, mampu meningkatkan semangat dan konsentrasi. Motivasi belajar sangatlah penting, dengan motivasi belajar yang tinggi pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga konsentrasi peserta didik akan meningkat dan materi yang dipelajari dapat lebih mudah dipahami. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis teknologi Augmented Reality dalam melihat trend profil peningkatan motivasi belajar peserta didik dan menganalisis respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis teknologi Augmented Reality dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan jenis eksperimen random terhadap subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan media pembelajaran IPA berbasis Augmented Reality dapat meningkatkan trend profil motivasi belajar dilihat dari data hasil analisis lembar angket motivasi belajar dan lembar observasi. Peserta didik juga menunjukkan respon yang baik terhadap penerapan penerapan media pembelajaran IPA berbasis augmented reality
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Meningkatkan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) > motivation to learn Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 01:24 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 01:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |