ANALISIS KESESUAIAN NILAI KARAKTER DENGAN MATERI AJAR DALAM BUKU SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU


Anggi Fina Amrina, 1401416045 (2021) ANALISIS KESESUAIAN NILAI KARAKTER DENGAN MATERI AJAR DALAM BUKU SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416045 - anggi fina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pengajaran dan pengembangan nilai-nilai karakter untuk mencapai keberhasilan pendidikan. Tujuan pendidikan bukan sekedar memiliki pengetahuan dan keterampilan, namun memiliki akhlak yang baik. Pendidikan karakter diintegrasikan dalam materi ajar yang tedapat dalam Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku edisi revisi 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesesuaian nilai karakter yang terkandung dengan materi ajar dalam Buku Siswa kelas IV Tema Indahnya Keragaman Negeriku edisi revisi 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku edisi revisi 2017. Metode penelitian dengan metode analisis isi (content analysis). Data yang digunakan adalah data kualitatif dari dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan pengecekan sejawat, uraian rinci, audit kepastian, dan audit kebergantungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter dalam buku siswa yaitu religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. Nilai karakter religius yang muncul berupa nilai toleransi. Nilai karakter nasionalisme berupa nilai cinta tanah air, nilai semangat kebangsaan. Nilai karakter mandiri berupa nilai kreatif, nilai percaya diri, dan nilai kerja keras. Nilai karakter gotong royong berupa nilai kerjasama, gotong royong, dan nilai komunikatif. Nilai karakter integritas yang muncul berupa nilai keteladanan dan nilai menghargai sesama. Materi ajar yang terdapat dalam buku siswa ini sesuai dengan indikator kesesuaian terhadap KI dan KD yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Saran yang diberikan yaitu guru, hendaknya melakukan pengembangan karakter siswa dan memilih materi ajar yang sesuai. Guru perlu mengembangkan langkah-langkah kegiatan demi kelancaran proses pembelajaran, melalui tambahan atau referensi materi yang berkaitan dalam pembahasan yang diajarkan sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, nilai karakter, materi ajar, buku siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 20 Nov 2024 06:48
Last Modified: 20 Nov 2024 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65741

Actions (login required)

View Item View Item