IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI 1 TIGANDERKET KABUPATEN KARO
Santa Anderina Br Bangun, 7101417032 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI 1 TIGANDERKET KABUPATEN KARO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran dan kearifan lokal merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sudah menjadi keharusan bahwa Guru harus mampu mengintegrasikan kearifan lokal dalam proses pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui rancangan pembelajaran Ekonomi berbasis kearifan lokal di SMA Negeri 1 Tiganderket, (2) Mengetahui implementasi pembelajaran Ekonomi berbasis kearifan lokal di SMA Negeri 1 Tiganderket, (3) Mengetahui kendala dalam pembelajaran Ekonomi berbasis kearifan lokal pada SMA Negeri 1 Tiganderket. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Uji validitas dalam penelitian menggunakan triangulasi dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan pembelajaran Ekonomi berbasis kearifan lokal yang disusun oleh guru tertuang dalam RPP. (2) implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan memasukkan nilai�nilai kearifan lokal dan memberikan contoh secara langsung pada pembelajaran, dan (3) Kendala yang ditemukan Guru dalam pembelajaran berupa kendala eksternal dan internal. Saran yang diberikan penulis untuk Guru Ekonomi hendaknya menyisipkan penanaman kearifan lokal dalam rencana pembelajaran, menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariatif seperti outdoor study. Untuk siswa hendaknya mengimplementasikan nilai kearifan lokal dan berpartisipasi penuh dalam program Pendidikan Penguatan Karakter (PKK) berbasis budaya sekolah. Dan untuk SMA Negeri 1 Tiganderket hendaknya memaksimalkan manajemen pelaksanaan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah dengan memiliki catatan dan dokumentasi dalam setiap program yang dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal, Pembelajaran, Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:33 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65700 |
Actions (login required)
View Item |