HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN MAGELANG TENGAH KOTA MAGELANG


Meifida Rosa Anindya, 1401417408 (2021) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN MAGELANG TENGAH KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417408 - Meifida Rosa Anindya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peran orangtua dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji ada tidaknya hubungan antara peran orang tua dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. (2) menguji ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PPKn siswa V SDN di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. (3) menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan antara peran orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas V SDN di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang dengan jumlah siswa 100. Teknik sampel yang digunakan adalah Non Propbability Sampling dengan teknik sampling kuota sebanyak 84,8% dari populasi siswa, yaitu 100 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket, serta hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif, uji normalitas,uji lineritas, korelasi produc moment,dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara peran orang tua dengan hasil belajar PPKn sebesar 0,101 (2) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn sebesar 0,113 (3) terdapat hubungan antara peran orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn sebesar 0,130. Jadi peran orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn yaitu 2%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.simpulan peneliti ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan tidak signifikan pada peran orangtua dan motivasi belajar bersama-samadengan hasil belajar PPKn siswa Kelas V SD N di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Orangtua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Nov 2024 04:01
Last Modified: 15 Nov 2024 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65682

Actions (login required)

View Item View Item