STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19


TRISYA NUR EVIANTI, 2302417063 (2021) STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302417063 - Trisya Nur Evianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Strategi merujuk pada tindakan spesifik yang dipilih oleh pendidik maupun peserta didik dalam pengambilan keputusan atau perubahan dalam bidang pendidikan untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Strategi adaptasi di terapkan pada saat adanya perubahan suatu kondisi atau situasi pada pandemi Covid-19. Pada masa pandemi covid-19, pembelajaran dilaksanakan secara daring atau melalui jaringan internet yang sangat berbeda dari pembelajaran luring atau tatap muka. Dengan melakukan strategi mahasiswa dapat melaksanakan pemelajaran daring. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja mahasiswa angkatan 2019 dan angkatan 2020 dalam pembelajaran daring Prodi Pendidikan Bahasa Jepang di masa pandemi Covid-19 di Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini dilakukan terhadap 78 responden dengan responden angkatan 2019 sebanyak 48 responden atau 61.5% dan angkatan 2020 dengan 30 responden atau 38.5%. Ditemukan bahwa strategi mahasiswa dalam pembelajaran daring adalah (1)strategi aplikasi pembelajaran dalam proses pembelajaran daring. (2)strategi jaringan internet dalam pembelajaran daring. (3)strategi kuota dan gawai/hp dalam pembelajaran daring . (4)strategi pengolahan pembelajaran dalam pembelajaran daring . (5)strategi dalam pemahaman penjelasan yang disampaikan dosen dalam pembelajaran daring. (6)strategi pengetahuan dan kemampuan atau keterampilan (skill dan knowledge) mengoperasionalkan komputer dalam pembelajaran daring. Strategi tersebut digunakan mahasiswa agar berjalannya pembelajaran daring dalam masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi adaptasi, pembelajaran daring, masa pandemi, Covid-19.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:31
Last Modified: 15 Nov 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65667

Actions (login required)

View Item View Item