PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN MENGGUNAKAN TEKNIK KATA BERKAIT BERBANTUAN MEDIA FILM PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 1 BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN


Luthfi Nadhifah, 2601416053 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN MENGGUNAKAN TEKNIK KATA BERKAIT BERBANTUAN MEDIA FILM PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 1 BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601416053 - Luthfi Nadhifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di SMPN 1 Bojong, Kabupaten Pekalongan, menulis geguritan sudah pernah dilakukan sebelumnya, namun siswa masih kesulitan untuk menulis geguritan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, salah satunya bisa menggunakan teknik kata berkait dan media film. Berdasarkan permasalahan menulis geguritan di atas, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran menulis geguritan, (2) mengetahui apakah hasil belajar menulis geguritan kelas eksperimen yang menggunakan teknik kata berkait dan media film lebih baik daripada kelas kontrol, (3) mengetahui bagaimana perilaku kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mengikuti pembelajaran menulis geguritan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Bojong, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX G sebagai kelas kontrol. Varibel bebas dalam penelitian ini yaitu penggunaan teknik kata berkait dan media film dalam pembelajaran menulis geguritan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan perilaku siswa kelas IX dalam menulis geguritan. Penelitian ini menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data, yaitu tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif dan kualitatif yang meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Deskripsi data berupa data kuantitatif hasil belajar menulis geguritan dan data kualitatif perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis geguritan. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan perhitungan uji beda independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 75, 3448, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66, 6667, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji beda, didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,009 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran menulis geguritan antara kelas eksperimen yang menggunakan teknik kata berkait berbantuan media film dengan kelas kontrol yang menggunakan teknik ceramah dan tanya jawab berbantuan media buku. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki dampak perilaku yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis geguritan, bahasa Jawa, teknik kata berkait, media film.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
N Fine Arts > NN Music
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:17
Last Modified: 15 Nov 2024 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65660

Actions (login required)

View Item View Item