HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN IHSAN GOAL ORIENTATION DENGAN STRES AKADEMIK PERKULIAHAN ONLINE PADA MAHASISWA


Faradila Yosievri Desiana, 1511417116 (2022) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN IHSAN GOAL ORIENTATION DENGAN STRES AKADEMIK PERKULIAHAN ONLINE PADA MAHASISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511417116 - Faradila Yosievri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Stres akademik karena adanya perkuliahan online pada mahasiswa dapat memunculkan dampak, seperti gangguan tidur, gangguan makan, dan gangguan perilaku yang dapat merugikan diri sendiri dan orang di lain. Hal tersebut dipengaruhi oleh pola pikir dan kepribadian yang dimiliki mahasiswa. Oleh karena itu mahasiswa membutuhkan regulasi diri dalam belajar untuk mengendalikan situasi dengan mengontrol perilaku dan memonitor kegiatan mereka serta ihsan goal orientation agar mahasiswa selalu bekerja keras sehingga mampu menyelesaikan tugasnya secara ikhlas dan tepat waktu karena mereka meyakini bahwa Tuhan selalu melihat aktivitas yang mereka kerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan ihsan goal orientation dengan stres akademik perkuliahan online pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah skala stres akademik, regulasi diri dalam belajar, dan ihsan goal orientation. Sebelum digunakan, instrumen pengumpulan data telah teruji valid dan reliabel dengan menggunakan uji validitas konstrak dan validitas isi. Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan formula Cronbach’s Alpha dengan koefisien 0,766 untuk stres akademik dan koefisien 0,92 untuk regulasi diri dalam belajar, Construct Reliability (CR) juga digunakan untuk menguji reliabilitas dari ihsan goal orientation dengan hasil CR 0,76 untuk faktor 1 serta CR 0,69 untuk faktor 3. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 203 mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang yang diambil melalui teknik cluster random sampling yang terbagi atas 42 sampel laki-laki dan 161 sampel perempuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan ihsan goal orientation dengan stres akademik, dibuktikan dengan hasil p-value yang didapatkan pada hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan ihsan goal orientation dengan stres akademik sebesar < .001. Sementara itu, Pearson’s r yang didapatkan adalah sebesar -0,292 pada hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan stres akademik, serta -0,434 pada hubungan antara ihsan goal orientation dengan stres akademik. Hal ini berarti semakin tinggi regulasi diri dalam belajar dan ihsan goal orientation yang dimiliki mahasiswa, maka semakin rendah juga stres akademik yang dirasakan oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik, Regulasi Diri dalam Belajar, Ihsan Goal Orientation
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:40
Last Modified: 15 Nov 2024 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65638

Actions (login required)

View Item View Item