KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING PADA MUATAN PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KRT. RADJIMAN WIDYADININGRAT KENDAL
HILDA AMELIA SETYANI SAFITRI, 1401417437 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING PADA MUATAN PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KRT. RADJIMAN WIDYADININGRAT KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Muatan IPA di kelas IV SDN Gugus KRT.Radjiman Widyadiningrat Kendal yang belum efektif mengakibatkan hasil belajar siswa belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk menguji keefektifan model mind mapping pada muatan pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus KRT.Radjiman Widyadiningrat Kendal. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus KRT.Radjiman Widyadiningrat Kendal yang berjumlah 109 siswa dan yang menjadi sampel sebanyak 34 siswa kelas IV yang terdiri dari 18 siswa SDN 2 Jungsemi sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa kelas IV SDN Kangkung sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tes hasil belajar yang digunakan adalah pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan berupa uji hipotesis dicari menggunakan uji kesamaan rata-rata (uji t) dan uji peningkatan rata-rata (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mind Mapping efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi macam-macam gaya dan pengaruhnya. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,380 > ttabel = 1,671 maka Ho ditolak yang berarti model pembelajaran Mind Mapping lebih efektif terhadap hasil belajar IPA. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 0,34463 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0,07549 dengan kategori rendah. Simpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran mind mapping efektif digunakan pada muatan pelajaran IPA dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Mind mapping, Hasil belajar, IPA |
Subjects: | L Education > teacher competence L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65629 |
Actions (login required)
View Item |