PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI TEKS BACAAN KELAS VI SDN I TAMBAKREJO KENDAL
Nuke Maulida Bachtiar, 1401417360 (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI TEKS BACAAN KELAS VI SDN I TAMBAKREJO KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SDN I Tambakrejo ditemukan bahwa persentase ketuntasan nilai kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Penyebab rendahnya ketuntasan nilai siswa ini diantaranya adalah pembelajaran masih konvensional dan penggunaan media pembelajaran yang masih minim sehingga peneliti menilai perlu adanya pengembangan model pembelajaran dan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi pemahaman teks bacaan. Peneliti memilih model pembelajaran cooperative script dengan media buku bergambar untuk meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain model pembelajaran cooperative script dengan media buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi memahami teks bacaan kelas VI SDN I Tambakrejo. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Tambakrejo. Penelitian dilaksanakan pada Januari 2021 sampai Desember 2021. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SDN 1 Tambakrejo berjumlah 3 siswa pada uji coba pemakaian dan 22 siswa pada uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang hanya diambil 8 langkah yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes, instrumen penelitian yang digunakan adalah butir soal pilihan ganda, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media buku bergambar yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa; 2) media buku bergambar layak berdasarkan validasi dari materi dan media. didapat persentase kelayakan 85% (sangat layak) oleh ahli materi dan 97,5% (sangat layak) oleh ahli media; 3) media ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan signifikansi uji t bernilai 0.000 < 0.05, uji gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang; 4) persentase respons si swa dan guru setelah penggunaan media buku bergambar secara klasikal 96,5% dengan kriteria sangat efektif dan guru sebesar 97,2% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran cooprative script dengan buku bergambar layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Script, Buku Bergambar, Bacaan Nonfiksi |
Subjects: | L Education > teacher competence L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:19 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65625 |
Actions (login required)
View Item |