HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN WONOSOBO


Prayoga Widyatama, 1401417198 (2022) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417198 - Prayoga Widyatama.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Perhatian orang tua dan disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Siswa yang mendapatkan perhatian yang baik dari orang tua dan memiliki disiplin belajar yang baik, maka akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Wonosobo. (2) menguji hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Wonosobo. (3) menguji hubungan perhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Wonosobo sejumlah 325 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sejumlah 114 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi sederhana, korelas ganda, uji F serta uji determinasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,678 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 46%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,752 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 56,6%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,759 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 57,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Wonosobo; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Wonosobo; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Wonosobo. Dari hasil penelitian, disarankan guru meningkatkan disiplin belajar siswa dan orang tua lebih memperhatikan kegiatan belajar anak untuk mendapatkan hasil belajar IPS yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, disiplin belajar, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:16
Last Modified: 15 Nov 2024 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65624

Actions (login required)

View Item View Item