PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM TUNAS MEKAR GAJAHMUNGKUR SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19


NIRMALA EFFENDY, 1201417016 (2022) PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM TUNAS MEKAR GAJAHMUNGKUR SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201417016 - Nirmala Effendy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Tak terkecuali Indonesia, hal ini juga berdampak pada berbagai bidang pembelajaran di era pandemi, menjadikan seluruh elemen pendidik merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kesetaraan paket C pada masa pandemi Covid-19, serta faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ada 5 orang yang terdiri dari 1 pengelola PKBM, 2 tutor kesetaraan paket C, dan 2 perwakilan warga belajar kesetaraan paket C. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan metode serta triangulasi sumber. Teknik validitas data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran kesetaraan PKBM Tunas Mekar menerapkan kurikulum 13 khusus pada masa pandemi; 2) Pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi merupakan pembelajaran secara online; 3) Penilaian/Evaluasi pembelajaran dilakukan bersamaan dengan pembelajaran berlangsung yaitu kegiatan menjawab dan bertanya serta adanya tes setiap 3 bulan sekali; 4) Pengawasan di dalam pembelajaran dilakukan oleh pengelola, tutor dan adanya pengawas dari dinas yang tidak menentu, hal ini berkaitan dengan pembelajaran secara online dan sarana�prasarana selama masa pandemi. Adanya kurikulum 13 khusus dan modul merupakan faktor pendukung dalam pembelajaran, sedangkan dalam faktor penghambat yaitu media dan internet yang tidak mendukung selama pembelajaran berlangsung. Simpulan dalam Pembelajaran Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Mekar Gajahmungkur Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19 sudah sesuai dengan ketentuan yang ada yaitu menerapkan kurikulum 13 khusus dalam pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada. Manfaat penelitian ini berharap dapat membantu para tutor/pendidik sebagai gambaran dalam proses menuju tahap yang lebih baik dalam memberikan pembelajaran di masa pademi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Kesetaraaan, Pembelajaran, Pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 01:43
Last Modified: 15 Nov 2024 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65614

Actions (login required)

View Item View Item