(ABSTRAK) PERBEDAAN KEPUASAN KONSUMEN SPBU PASTI PAS DENGAN SPBU NON PASTI PAS


Rosmawati Napitupulu , 1550405042 (2009) (ABSTRAK) PERBEDAAN KEPUASAN KONSUMEN SPBU PASTI PAS DENGAN SPBU NON PASTI PAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PERBEDAAN KEPUASAN KONSUMEN SPBU  PASTI PAS DENGAN SPBU NON PASTI PAS ]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PERBEDAAN KEPUASAN KONSUMEN SPBU PASTI PAS DENGAN SPBU NON PASTI PAS ) - Published Version
Download (57kB) | Preview

Abstract

Kepuasan merupakan salah satu faktor utama dalam menjalankan roda perusahaan, sehingga perusahaan dituntut untuk mampu memuaskan aspek psikologis konsumen dengan menilai keinginan-keinginan, kebutuhan, serta harapan konsumen terhadap jasa yang diberikan. Kepuasan konsumen pada umumnya tidak dapat dipastikan karena kepuasan antara konsumen yang satu dan konsumen yang lainnya akan selalu berbeda dari waktu ke waktu. Banyaknya pilihan pelayanan prima yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan semakin membuat perbedaan dalam tingkat kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kepuasan konsumen SPBU Pasti Pas dengan SPBU Non Pasti Pas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan menggunakan teknik sampel Non Probabilitas. Teknik penentuan sampelnya menggunakan purposive sampling dan cara pengambilan sampel dilapangan menggunakan Incidental sampling dengan sejumlah 200 responden yang terdiri dari 100 responden pada SPBU Pasti Pas dan 100 responden SPBU Non Pasti Pas. Metode pengumpulan data menggunakan skala kepuasan konsumen yang berdasarkan pada faktor yang mempengaruhi kepuasan yaitu reliability (keandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), tangible (kasat mata) dan dianalisis dengan Mann Withney Test. Skala yang digunakan terdiri dari 50 item yang semuanya dinyatakan valid dengan tingkat signifikansi 0,000 dan reliabilitasnya 0,969. Pengujian hipotesis menunjukkan hasil yang signifikan 0,000 dimana 0,000  0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maka ada perbedaan kepuasan konsumen SPBU Pasti Pas dengan SPBU Non Pasti Pas. Tingkat kepuasan konsumen di SPBU Pasti Pas lebih tinggi karena mean empiriknya 151,4000 lebih tinggi daripada mean hipotetiknya yaitu 125, dan SPBU Non Pasti Pas lebih rendah karena mean empiriknya 98,6900 lebih rendah dari mean hipotetik. Secara umum, tingkat kepuasan konsumen di SPBU Pasti Pas lebih dari setengahnya berada dalam kategori tinggi dan kepuasan konsumen SPBU Non Pasti Pas secara keseluruhan berada pada tingkat rendah. Tingkat kepuasan ini lebih tinggi pada SPBU Pasti Pas yaitu pada sub aspek assurance (jaminan) pelayanan karena memiliki fasilitas yang lengkap yang memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi, dan karyawan yang berpenampilan cukup baik karena menggunakan seragam lengkap dan identitas diri. Sedangkan di SPBU Non Pasti Pas lebih tinggi pada aspek responsiveness (cepat tanggap) petugas dalam memberikan pelayanan. Saran yang diajukan bagi SPBU Pasti Pas agar lebih meningkatkan aspek reliability, responsiveness, emphaty, dan tangible. Kepada SPBU Non Pasti Pas agar lebih meningkatkan semua aspek atau menerapkan program Pertamina way. Bagi konsumen agar lebih selektif dalam menerima pelayanan, sedangkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan lokasi penelitian yang lebih luas untuk memperluas subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepuasan, konsumen, SPBU
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2011 01:11
Last Modified: 31 Oct 2011 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6561

Actions (login required)

View Item View Item