EFEKTIVITAS FLIPPING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN VIDEO ONLINE BERBASIS LATIHAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK N 2 Temanggung)
Fitri Apriliani, 7101417188 (2022) EFEKTIVITAS FLIPPING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN VIDEO ONLINE BERBASIS LATIHAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK N 2 Temanggung). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Guna mengatasi masalah tersebut, pemerintah mengambil kebijakan pelaksanaan pembelajaran secara online. Guru dituntut untuk menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran flipping learning dalam pembelajaran video online berbasis latihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Temanggung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis desain penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Temanggung Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan terhadap 2 kelas sampel yang terbagi ke dalam kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian yang diolah adalah data penelitian primer yang dikumpulkan menggunakan soal pre-test dan post-test. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) berdasarkan analisis deskriptif, dan menggunakan paired sample t-test model pembelajaran flipping learning berbasis latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) berdasarkan analisis deskriptif, dan menggunakan paired sample t-test model pembelajaran flipping learning tanpa latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) berdasarkan analisis deskriptif, dan menggunakan independent sample t-test model pembelajaran flipping learning berbasis latihan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran flipping learning tanpa latihan. Simpulan penelitian bahwa model pembelajaran flipping learning berbasis latihan lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran flipping learning tanpa latihan. Saran dari penelitian ini adalah model pembelajaran flipping learning berbasis latihan dijadikan sebagai alternatif pilihan yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi. Pendidik dapat menggunakan media interaktif video dalam mengajar, supaya siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan karena siswa akan lebih mudah mengulang-ulang materi diluar jam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan flipping learning hendaknya diterapkan pada materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbasis Latihan. Flipping Learning. Hasil Belajar Siswa. Video Online. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 08:04 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 08:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65603 |
Actions (login required)
View Item |