IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN E-COMMERCE BAGI PELAKU USAHA TENUN TROSO OLEH DINAS KOPERASI, UKM, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN JEPARA
Sri Kuncoro, 7101417083 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN E-COMMERCE BAGI PELAKU USAHA TENUN TROSO OLEH DINAS KOPERASI, UKM, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
E-commerce merupakan suatu perangkat teknologi yang dinamis, meliputi aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan suatu komunitas melalui transaksi elektronik yang menyelenggarakan pertukaran barang dan jasa. Program pendampingan e-commerce merupakan salah satu upaya pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Jepara. Program ini muncul sebagai respon dari perkembangan usaha yang mengalami peningkatan dari segi kuantitas namun belum diimbangi oleh meratanya peningkatan kualitas usaha. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pendampingan e-commerce bagi pelaku usaha tenun troso oleh Dinas Koperasi, Ukm, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data mellaui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan program pendampingan e�commerce didasarkan pada analisi kebutuhan dan disesuaikan dengan RPJMD dan Renstra yang berlaku. Perencanaan dilakukan satu tahun sebelum pelaksanaan program pendampingan e-commerce dengan melalui proses yang panjang dan evaluasi yang ketat. Pelaksanaan program bisa diterapkan dengan baik oleh pelaku usaha dalam kegiatan usahanya. Monitoring dan evaluasi program menunjukkan hasil bahwa pelaku usaha memperoleh manfaat tambahan yang meliputi dapat memasarkan produk keluar daerah, menjangkau pasar lebih luas, fleksibel, dapat mengikuti perkembangan pasar dengan lebih cepat, dan peningkatan omset usaha. Permasalahan yang dihadapi yaitu masih kurangnya penguasaan teknologi, konsistensi dan inovasi dalam pemanfaatan e-commerce dalam kegiatan usaha. Saran dari peneliti adalah pihak dinas bisa bekerjasama dengan platform e�commerce untuk menjadi narasumber pelatihan. Waktu pelatihan perlu ditambah, supaya penyampaian materi dan pelatihan keterampilan bisa lebih optimal. Selain itu agenda pelatihan bisa ditambah dengan pembuatan konten produk agar pelaku usaha mampu menyajikan konten produk yang menarik dan berkesan bagi konsumen. Mengadakan forum group discussion (FGD) agar dalam kegiatan monitoring dan evaluasi tidak terpaku pada hasil observasi dan wawancara saja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, E-commerce, Pendampingan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 08:00 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 08:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65601 |
Actions (login required)
View Item |