PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP DAN MTs SE-KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA TAHUN 2021
AHMAD NOUVAL E.H., 6101417169 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP DAN MTs SE-KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA TAHUN 2021. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang melatih keterampilan gerak dan keterampilan berfikir siswa di sekolah. Materi PJOK yang kebanyakan juga adalah praktik keterampilan gerak dan juga melaksanakan aktivitas fisik sehingga pembelajaran PJOK dominan dengan metode pembelajaran guru memberikan materi dan selanjutnya siswa mempraktekkan dengan pengawasan guru secara langsung. Akan tepati pada awal tahun 2020 indonesia dihebohkan dengan awal masuknya virus covid-19 yang mengakibatkan pemerintah merapkannnya pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan itu semua guru khususnya guru PJOK dituntut untuk kreatif dalam mengolah dan memodifikasi model pembelajaran agar pembelajaran tetap bisa berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 di SMP dan MTs se-Kecamatan Keling Kabupaten Jepara tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode survey dengan teknik purposive sampling pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada 7 Mei 2021 sampai 30 Juni 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa dan guru PJOK SMP/MTs se-Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian dari 5 sekolah yang diteliti sudah menerapkan aspek-aspek kemampuan guru, guru PJOK dalam menangani kendala dalam pembelajaran PJOK daring dengan membagi siswa secara kelompok untuk datang ke sekolah supaya tidak berkerumun, ataupun juga guru mendatangi rumah siswa. Guru mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran PJOK yang kurang begitu efektif sepenuhnya di daerah Kecamatan Keling ini banyak daerah domisili siswa yang sulit akan jaringan internet, jadi banyak siswa yang berat mengikuti pembelajaran PJOK secara daring. Simpulan dari penelitian ini guru PJOK SMP/MTs se-Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun 2021 menunjukkan kemampuan yang cukup baaik dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi. Hal ini dilihat dari tiga aspek yaitu kemampuan guru PJOK dalam melihat dan memecahkan masalah, Kemampuan guru menciptakan dan menerapkan ide-ide mengatasi masalah, Sikap menerima dan terbuka terhadap hal-hal baru. Saran yang dapat disampaikan adalah dinas pendidikan Kecamatan Keling khususnya memberikan pelatihan, seminar atau workshop. Agar supaya guru PJOK terbekali kemampuan dan dapat meningkatkan kemampuan dan dapat menerapkan kreativitas dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK daring.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, PJOK, Pandemi |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 07:38 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 07:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65591 |
Actions (login required)
View Item |