EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS DI KELAS X MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 11 SUMBERLAWANG KABUPATEN SRAGEN
Arlina Devi Nur Afiffah, 5302417037 (2023) EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS DI KELAS X MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 11 SUMBERLAWANG KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di Indonesia menggunaan metode pembelajaran yang beragam dengan memanfaatkan media teknologi informasi. Salah satu pengunan tersebut dengan dilaksanakaanya model pembelajaran e- learning. Terlebih saat ini dampak dari pandemi Covid- 19 diberbagai bidang khususnya pada bidang pendidikan, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia. Hal ini membuat pembelajaran tidak lepas dari model pembelajaran e- learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran pelaksanaan pembelajaran e-learning pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Multimedia SMK Muhammadiyah 11 Sumberlawang Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah yang dimulai pada bulan agustus 2021. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu model CIPP (context, input, process, and product). Data penelitian ini berupa deskripsi yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sebagai data pokok dan dokumentasi sebagai data pendukung. Setelah tahap pengambilan data dan data telah tekumpul, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran e-learning pada masa pandemi covid-19 telah terlaksana dengan baik. Berdasarkan dari evaluasi konteks dinilai sudah tepat karena adanya relevansi antara latar belakang, tujuan dan kebutuhan pada kondisi pandemi yang terjadi. Kemudian kebutuhan program pada evaluasi masukan dinilai sudah memumpuni sehingga pada evaluasi proses, pelaksanaan model pembelajaran e-learning sudak cukup baik. Namun, pada evaluasi produk diketahui bahwa hasil belajar peserta didik cenderung menurun pada saat pandemi berlangsung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, CIPP, E-learning, Covid-19 |
Subjects: | T Technology > Information and Computer T Technology > Computer Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 04:44 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 04:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65508 |
Actions (login required)
View Item |