EFEKTIVITAS APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NAIL ART TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA TATA KECANTIKAN SMK N 6 SEMARANG


Sri Dewi Ariyani, 5402418060 (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NAIL ART TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA TATA KECANTIKAN SMK N 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5402418060_Sri Dewi Ariyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu materi pada mata pelajaran bidang keahlian di program studi tata kecantikan adalah materi nail art, yakni pembelajaran yang menekankan pada kemampuan siswa dalam mengikuti teori dan praktek di dalam kelas. Media pembelajaran yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kelas dan kebutuhan siswa itu sendiri. Media yang mampu menggabungkan antara audio dan visual salah satunya adalah media video berbasis aplikasi Tiktok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa dan efektivitas konten video berbasis Tiktok sebagai media pembelajaran nail art terhadap aktivitas belajar siswa Tata Kecantikan SMK N 6 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran dengan konten video Tiktok terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI tata kecantikan SMK Negeri 6 Semarang terbukti sangat efektif. Hasil ini ditunjukan dari hasil peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap aspeknya yaitu Dari aktivitas visual sebelum meningkat presentasenya dari sebelum perlakuan ke sesudah perlakuan sebesar 3,33%. Pada aktivitas lisan meningkat presentasenya sebesar 13,34%. Pada aktivitas mendengarkan meningkat presentasenya sebesar 29,97%. Pada aktivitas menggambar mengalami peningkatan sebesar 16,67%, dan pada aktivitas emosional mengalami peningkatan sebesar 10%. Kesimpulannya adalah penggunaan media pembelajaran sangat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan Pengalaman yang diperoleh siswa lebih konkret dalam proses belajar mengajar. Efektivitas media pembelajaran dengan konten video Tiktok terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI tata kecantikan SMK Negeri 6 Semarang terbukti sangat efektif. Disarankan kepada sekolah dan guru untuk menggunakan konten video yang terkait dengan materi khusus sebagai media pembelajaran dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang media pembelajaran terkait.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nail art, Tiktok, media pembelajaran
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:27
Last Modified: 12 Nov 2024 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65497

Actions (login required)

View Item View Item