PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (Studi kasus pada mata pelajaran dasar dasar ketenagalisrikan kelas X TITL SMK Negeri 1 Tonjong)


Neneng Egi Febriyani, 5301417004 (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (Studi kasus pada mata pelajaran dasar dasar ketenagalisrikan kelas X TITL SMK Negeri 1 Tonjong). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5301417004_Neneng Egi Febriyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Banyak strategi belajar mengajar yang efektif telah mengembangkan minat dan membantu mengembangkan nilai ujian Namun masih banyak guru yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional di kelas. Penelitian ini yang bertujuan untuk mendapatkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching Learning pada mata Pelajaran Dasar Dasar Ketenagalisrikan siswa kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK N 1 Tonjong. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental pretest-posttest design with non-equivalent control group design. Ada dua kelompok eksperimen yaitu model PBL dan model CTL, sedangkan kelompok kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes pilihan ganda dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dari penelitian eksperimen dideskripsikan dengan analisis deskriptif kuantitatif, data penelitian dianalisis menggunakan uji simple t test pada taraf signifikansi 5%, uji Anova dan uji N-gain. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa nilai tanggapan siswa mendapatkan persentase skor jawaban angket pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 termasuk dalam kriteria sangat efektif. Dengan demikian, nilai N-Gain yang diperoleh pada kelas PBL sebesar 0,18 berada pada kategori rendah dan pada kelas CTL sebesar 0,38 berada pada kategori sedang dan kelas konvensional sebesar 0,15 berada pada kategori rendah. Jadi, perolehan N-gain tertinggi ada di kelas CTL. Dalam penelitian ini diamati pengaruh PBL dan CTL terhadap pemberdayaan pengetahuan pemahaman siswa. Hasil studi menyatakan bahwa CTL terbukti lebih meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan PBL dan ceramah/konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:12
Last Modified: 12 Nov 2024 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65488

Actions (login required)

View Item View Item