ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN ESENSIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS REMBANG 1 MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL
Jihan Mega Lestari, 6411417160 (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN ESENSIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS REMBANG 1 MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pada masa pandemi COVID-19, sistem kesehatan dituntut untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal ditengah pemberlakuan sistem alur pelayanan yang baru sesuai dengan surat edaran dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan esensial pada masa pandemi COVID-19 di puskesmas Rembang 1. Dimensi kualitas pelayanan kesehatan yang diteliti mengacu pada model SERVQUAL (Service Quality) yang dikembangkan oleh Parasuraman et al. (1988). Ada lima dimensi yang dianalisis yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian berjumlah 2844 pasien dengan jumlah sampel yang akan diteliti berjumlah 96 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan metode non-probability sampling. Berdasarkan hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien pada setiap dimensi servqual yaitu tangibles (p=0,034) , reliability (p=0,001), responsiveness (p=0,003), assurance (p=0,014), dan empathy (p=0,000). Sedangkan pada perhitungan selisih gap dimensi tangibles (skor gap - 0.49), reliability (skor gap -0,056), responsiveness (skor gap -0,26), assurance (skor gap 0,195), dan empathy (skor gap 0,134). Pelayanan kesehatan esensial Puskesmas Rembang 1 secara umum dikatakan kurang memuaskan serta terdapat hubungan pada semua dimensi servqual dengan kualitas pelayanan kesehatan esensial pada masa pandemi COVID-19 di puskesmas Rembang 1 terhadap tingkat kepuasaan pasien.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COVID-19, esensial, kualitas pelayanan, servqual. |
Subjects: | O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 01:47 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 01:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65359 |
Actions (login required)
View Item |