PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENUNJUKKAN KONSTRUKSI GEOMETRIS MEMBAGI GARIS DAN SUDUT


Mukti Sabilah, 5201416003 (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENUNJUKKAN KONSTRUKSI GEOMETRIS MEMBAGI GARIS DAN SUDUT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201416003_Mukti Sabilah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi konstruksi geometris membagi garis dan sudut perlu dikuasai oleh siswa, karena dengan adanya konstruksi geometris dapat menghasilkan bentuk yang rapi dan presisi. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran audio visual untuk memberikan gambaran nyata yang disertai suara pada materi membagi garis dan sudut sebagai inovasi pada proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk menguji kelayakan, keefektifan, dan peningkatan hasil belajar menggunakan media pembelajaran audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control gorup design. Populasi penelitian adalah 72 siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Kedua kelas diundi untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari 36 siswa setiap kelas dipilih acak sebagai sampel sebanyak 30 siswa dari kelas X TP 1 (kelas kontrol) dan 30 siswa kelas X TP 2 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa metode wawancara, dokumentasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran audio visual berdasarkan penilaian ahli dikategorikan sangat layak untuk digunakan dan penggunaannya dalam pembelajaran lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi konstruksi geometris membagi garis dan sudut dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa digunakan. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual tergolong dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,4954 sedangkan dengan pembelajaran yang biasa digunakan sebesar 0,2841 yang tergolong dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran audio visual, konstruksi geometris membagi garis dan sudut, hasil belajar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:19
Last Modified: 07 Nov 2024 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65340

Actions (login required)

View Item View Item