PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AUTOCAD KELAS XI JURUSAN TEKNIK PERAWATAN GEDUNG SMKN 7 SEMARANG


Fakhrizal Darma Galih, 5101419036 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AUTOCAD KELAS XI JURUSAN TEKNIK PERAWATAN GEDUNG SMKN 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101419036_Fakhrizal Darma Galih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Autocad merupakan pembelajaran yang mempelajari tentang program komputer yaitu software Autocad. Autocad merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk menggambar atau meerencanakan suatu denah bangunan, gedung, jalan, maupun jembatan. Pembelajaran Autocad merupakan pembelajaran wajib bagi siswa kelas XI jurusan Teknik Perawatan Gedung sebagai bekal keterampilan kerja untuk terjun langsung ke dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode tutor sebaya mampu meningkatkan keaktifan belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Autocad kelas XI jurusan Teknik Perawatan Gedung di SMKN 7 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Karena dalam desain ini, peneliti mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Penelitian ini menggunankan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang tidak dipilih secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes yang berupa praktik menggambar. Hasil perhitungan dari aplikasi IBM SPSS 26 menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Autocad di kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tutor sebaya, Keaktifan siswa, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:53
Last Modified: 05 Nov 2024 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65184

Actions (login required)

View Item View Item