PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XII SMKN 1 BUKATEJA
Dita Alfiani, 5101418059 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XII SMKN 1 BUKATEJA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Media memegang peran penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan berbasis teknologi merupakan cara yang dibutuhkan siswa dalam memperoleh sumber belajar dan bahan ajar yang memadai dan efektif. Articulate Storyline 3 merupakan sebuah perangkat lunak authoring tools yang digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan konten yang berupa gabungan dari teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dari hasil validasi ahli, (2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi terhadap hasil belajar siswa, (3) Memperoleh kepraktisan setelah diterapkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dari hasil angket respon guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil validasi uji kevalidan terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 oleh ahli materi memperoleh 91,07% dan ahli media memperoleh 77,50%. (2) hasil pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan nilai rata-rata pretest 36,67, nilai rata-rata posttest 98,12, dan memperoleh kriteria N-gain 0,97 dengan kategori tinggi. (3) hasil analisis butir dan analisis keseluruhan kepraktisan angket respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pokok bahasan konsep time schedule, kurva S dan bobot pekerjaan didapatkan nilai persentase sebesar 87,50% dan 88,28% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pokok bahasan konsep time schedule, kurva S dan bobot pekerjaan menggunakan software Articulate Storyline 3 dalam penelitian ini dinyatakan valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Estimasi Biaya Konstruksi. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:41 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65174 |
Actions (login required)
View Item |