PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMKN 2 WONOSOBO
Nur Annisa, 5101418052 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMKN 2 WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan peranan penting dalam proses meningkatkan potensi sumber daya manusia dan diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik yang dilakukan melalui proses belajar. SMK memiliki tujuan mempersiapkan peserta didik agar dapat menguasai keterampilan yang diminati untuk memasuki dunia kerja dan memberikan bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bidang keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di jenjang SMK telah menerapkan mata pelajaran statika, akan tetapi tidak sedikit siswa SMK yang merasa kesulitan dalam menerima mata pelajaran statika dikarenakan guru dalam menyampaikan materi sulit dipahami dan diterima pada saat proses pembelajaran. Salah satu faktor yang menyebabkan siswa kesulitan memahami materi adalah sumber belajar yang terbatas dan kurang interaktif. Sehingga diperlukan sumber belajar yang memudahkan siswa untuk memahami materi dan dapat dipelajari secara praktis, sistematis dan dapat dipelajari secara mandiri. Karena pada masa kini semuanya cenderung menggunakan handphone yang mudah dibawa kemana�mana. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Akan tetapi, pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ke tiga yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan) dikarenakan membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang cukup besar. Responden terdiri siswa kelas XI kompetensi keahlian DPIB SMK N 2 Wonosobo yang telah menempuh mata pelajaran mekanika teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu, validitas kelayakan bahan ajar Mekanika Teknik yang telah dikembangkan sudah memenuhi syarat dengan perolehan nilai validitas 89%, kriteria sangat layak untuk digunakan. Serta persepsi siswa tentang bahan ajar Mekanika Teknik yang telah dikembangkan sudah memenuhi syarat dengan perolehan nilai validitas 81,37%, kriteria layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Menengah Kejuruan, Bahan Ajar, Sumber Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:35 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65172 |
Actions (login required)
View Item |