PENGARUH PROGRAM PELATIHAN SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 05 UNGARAN


Nur Anisa Isma Hillah, 1102418069 (2022) PENGARUH PROGRAM PELATIHAN SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 05 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102418069_Nur Anisa I -.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2021 Kemendikbud menginisiasi penerapan kurikulum merdeka pada berbagai jenjang pendidikan. Salah satu program pendukung penerapan kurikulum merdeka, yaitu dengan kebijakan program pelatihan bagi guru yang memiliki 3 fokus modul terdiri dari paradigma pendidikan, pembelajaran berpusat pada siswa, dan pengembangan pembelajaran. Fokus pelatihan yaitu pada pengembangan kompetensi pedagogik guru. Namun, program pelatihan sekolah penggerak ini belum diketahui hasil pengaruh kompetensi rillnya pada kompetensi pedagogik guru. Dimana guru dituntut mampu menerapkan kemampuannya dalam pelaksaaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan pengaruh program pelatihan sekolah penggerak terhadap kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 05 Ungaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 05 Ungaran dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif model interaktif Saldana. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan 4 responden. Teknik akurasi data melewati tahap triangulasi dalam pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah program pelatihan sekolah penggerak ini memiliki pengaruh terhadap pengetahuan dan keterampilan kompetensi pedagogik guru yang terdiri dari 7 indikator, yaitu yang terdiri penguasaan karakter siswa, penguasaan teori belajar, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran, pengembangan potensi siswa, membangun komunikasi dengan siswa, dan penilaian dan evaluasi. Direkomendasikan untuk guru melakukan pengembangan pembelajaran agar pembelajaran dapat menjadi menarik dan menyenangkan sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Sekolah Penggerak, Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 05:01
Last Modified: 04 Nov 2024 05:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65134

Actions (login required)

View Item View Item