PENGARUHiSENAM OTAKiTERHADAP TINGKATiSTRES PADAiANAK USIAiSEKOLAH DASARiKELAS IV DIiSD NEGERIiKALISEGORO GUNUNGPATI SEMARANG


Nanda Satria Agust Pangestu, 6102415076 (2023) PENGARUHiSENAM OTAKiTERHADAP TINGKATiSTRES PADAiANAK USIAiSEKOLAH DASARiKELAS IV DIiSD NEGERIiKALISEGORO GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102415076_Nanda Satria Agust Pangestu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Anak umur 10 sampai 12 tahun berada di prosesindustry versus inferriority dimana memulai kesiapan menemui tugas untuk dirinya, aktif dalam suasana produktif, bisa melaksanakan sesuatu bersama orang lain. Maka dari itu beban yang berlebihan bisa membuat anak menjadi stres. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan pada anak dengan masalah stres antara lain melalui senam otak. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh senam otak pada penurunan tingkat stres pada anaksekolah dasar ?. Tujuan penelitian adalah untukimengetahui adanya pengaruhisenam otak terhadapi penurunan tingkatistres pada anakiusia sekolah dasar. Jenis penelitianiyang digunakan penelitianikuantitatif. Desainipenelitian yangidigunakan Pre-Experimentali Design dengan bentuk One-Group Pretest�Post test Design.Dengan Populasi anak usia sekolah kelas IV di SD N Kalisegoro yang totalnya 26 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket DASS-42 (Depression Anxiety Stress Scale) yang dikembangkan oleh Lovibond. S. H dan Lovibond. P. H adaptasi dari penelitian Crawford & Henry (2005). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan statistik parametrik uji independen sample t-test. Hasil penelitian diperoleh tingkat stres padaanak usia Sekolah Dasar kelas IV di SDNegeri Kalisegoro Gunungpati Semarang sebelum diberikan treatment senam otak mayoritas termasuk dalam kategori berat dengan nilai rata-rata 27,23. Tingkat stres padaanak usia Sekolah Dasar kelas IV di SDNegeri Kalisegoro Gunungpati Semarang setelah diberikan treatment senam otak mayoritas termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 20,11. Berdasarkan besaran t hitung 9.415 > t tabel 1.675 serta taraf sig (2 tailed) 0,000 < 0,05, berarti ada pengaruh senam otak pada tingkat stres padaanak usia Sekolah Dasar kelas IV di SDNegeri Kalisegoro Gunungpati Semarang. Simpulan dari penelitian ini yaitu senam otak berpengaruh padakadar stres padaanak umur Sekolah Dasar kelas IV di SDNegeri Kalisegoro Gunungpati Semarang. Saran yang dapat diberikan yaitu pihak sekolah dapat menindaklanjuti misalnya dengan melakukan kerjasama dengan guru kelas dengan mengadakan senam otak setiap sebelum pembelajaran pertama dimulai. Bagi guru penjasorkes, hendaknya dapat membuat pedoman atau prosedur tata cara pelaksanaan senam otak yang sesuai untuk penurunan tingkat stres, sehingga bisa diaplikasikan dengan mudah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gymnastics, brain the stress level, the primary school
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:15
Last Modified: 30 Oct 2024 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65104

Actions (login required)

View Item View Item