SURVEI KESEGARAN JASMANI DAN AKTIVITAS FISIK KELAS IV, V DAN VI SEKOLAH DASAR AL-IRSYAD KOTA TEGAL
Muhammad Reza Fauzan, 6102415006 (2023) SURVEI KESEGARAN JASMANI DAN AKTIVITAS FISIK KELAS IV, V DAN VI SEKOLAH DASAR AL-IRSYAD KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi mengakibatkan perubahan pola hidup terutama bagi siswa dimana lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Hal ini dapat menyebabkan dampak bagi kesehatan siswa. Dampak yang dimaksud berupa menurunnya tingkat kesegaran jasmani siswa dikarenakan kurangnya aktivitas fisik akibat dari perkembangan teknologi. Peningkatan kebugaran jasmani di lingkungan sekolah perlu dibina untuk menunjang tercapainya proses belajar mengajar yang optimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan dampak tersebut dimulai dengan pendidikan jasmani di sekolah. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesegaran jasmani dan aktivitas fisik siswa kelas IV, V dan VI SD Al Irsyad. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei tes berdasarkan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan Instrumen aktivitas fisik yaitu PAQ�C Populasi dalam penelitian ini berupa siswa kelas kelas IV, V dan VI SD Al Irsyad. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sebesar 68 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan survei Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan metode analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian kesegaran jasmani siswa kelas IV, V dan VI SD Al Irsyad diperoleh hasil sebagai berikut: kategori baik sekali (0%), kategori baik (5,83%), kategori sedang (32,35%), kategori kurang (57,35%), kategori kurang sekali (4,42%). Aktifivitas fisik siswa kelas IV, V dan VI Sekolah Dasar Al Irsyad Tahun Ajaran 2020, diperoleh hasil sebagai berikut, kategori baik sekali (0%), kategori baik (10,35%), kategori sedang (32,35 %), kategori kurang (51,47 %), kategori kurang sekali (5,83 %). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas atas yaitu kelas IV, V dan VI SD Al Irsyad Kota Tegal mempunyai aktivitas fisik kategori kurang dengan persentase 51,47% dan tingkat kesegaran jasmani kategori kurang dengan persentase 57,35%. Hal ini dapat dikarenakan beberapa faktor yaitu kurangnya aktivitas fisik siswa, siswa lebih banyak menghabiskan waktunya dalam bermain gadget di rumah dan kurang maksimalnya penerapan PJOK di sekolah. Oleh karena itu peran orang tua dan guru sangatlah penting dalam mendukung dan mendorong siswa agar menjadi aktif bergerak. Sehinga diperoleh tingkat kesegaran yang baik yang akan membantu mengoptimalkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas fisik, siswa, tingkat kesegaran jasmani |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research O Sport > Physical fitness |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 03:44 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 03:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65095 |
Actions (login required)
View Item |