PENGEMBANGAN RANCANGAN APLIKASI S’ROOM (SPORTS ROOM) MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
NANDA FARAH MUFTIA, 6101419025 (2023) PENGEMBANGAN RANCANGAN APLIKASI S’ROOM (SPORTS ROOM) MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya salah satu luaran akhir program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Magang dan Studi Independen disebut dengan capstone project (projek akhir) yaitu peserta dapat memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar mengenai sustainable development goals tujuan ke tiga yaitu good health and well being (kesehatan yang baik dan kesejahteraan). Dalam hal ini adanya permasalahan aktivitas fisik menurun sehingga kesehatan dan kebugaran juga ikut menurun serta belum adanya aplikasi yang kompleks untuk mendukung kesehatan fisik dan mental yang baik. Tujuan penulis melalui penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan produk aplikasi S’ROOM (Sports Room) menuju sustainable development goals (tujuan pembangunan berkelanjutan) dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (Pengembangan) dengan uji validitas melalui expert judgement dan triangulasi. Data yang didapatkan berasal dari hasil kuisioner 126 responden yang terdiri dari siswa, mahasiswa, atlet, dosen, dan para pakar rentang usia 15-64 tahun kemudian mengkaji permasalahan sekitar dan melalui kajian penelitian yang relevan. Selanjutnya yaitu tahap penarikan kesimpulan dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian bahwa pengembangan rancangan aplikasi S’ROOM (Sports Room) dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka berdampak untuk mengembangkan kemampuan secara umum dan khusus pada mahasiswa. Dari 126 responden pada rentang usia 15-64 tahun dengan hasil 94,4 % mempunyai ketertarikan yang tinggi untuk menggunakan atau mengunduh aplikasi S’ROOM (Sports Room) jika sudah tersedia di platform aplikasi dan para pakar memberikan respon positif terhadap rancangan produk ini. Peneliti juga diundang secara langsung ke perusahaan teknologi yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengembangan rancangan produk aplikasi S’ROOM merupakan salah satu output dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Negeri Semarang melalui Magang dan Studi Independen di perusahaan Forest Interactive Indonesia yang merupakan perusahaan teknologi berpusat di Malaysia. Pengembangan rancangan aplikasi S’ROOM (Sports Room) hanya sampai pada rancangan pembuatan produk, sebaiknya dikembangkan lagi dan dan dapat direalisasikan serta menjadi penelitian berikutnya mengenai efektivitas produk.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rancangan Aplikasi, Teknologi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:37 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65087 |
Actions (login required)
View Item |