EFEKTIVITAS SPIRITUAL EMOTIONAL WRITING THERAPY UNTUK MENURUNKAN TINGKAT STRES PADA REMAJA KORBAN BROKEN HOME


Uswatun Khasanah, 1511414076 (2019) EFEKTIVITAS SPIRITUAL EMOTIONAL WRITING THERAPY UNTUK MENURUNKAN TINGKAT STRES PADA REMAJA KORBAN BROKEN HOME. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi keluarga yang tidak harmonis hingga berujung perceraian memberikan dampak yang cukup besar bagi perkembangan remaja. Kondisi tersebut menjadi sumber stres (stressor) bagi remaja korban broken home. Stres yang dialami oleh remaja dapat memberikan dampak buruk bagi perkembangan remaja tersebut. Padahal remaja korban broken home harus mampu melewati masa remaja (storm and stres) dengan baik agar tidak tersesat dan kehilangan cita�cita di masa depan. Salah satu intervensi yang dapat diterapkan untuk mengatasi stres pada remaja korban broken home adalah melalui Spiritual emotional writing therapy. Spiritual emotional writing therapy merupakan salah satu jenis intervensi yang dirancang untuk mengatasi pikiran, perasaan, dan perilaku negatif melalui tulisan dengan melibatkan aspek spiritualitas. Sehingga remaja korban broken home akan lebih mampu menghadapi stressor, menjadi pribadi yang lebih positif, dan fokus pada cita-cita di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 2 Semarang, yang berjumlah 7 orang. Pengumpulan data dilakukan utuk mengungkap stres pada subjek dengan menggunakan skala stres DASS milik Lovibond & Lovibond (1995) yang sudah diadaptasi. Subjek kelompok eksperimen akan mengikuti setiap sesi spiritual emotional writing therapy yang berlangsung selama 3 hari. Adapun sesi spiritual emotional writing therapy di dalam penelitian ini terdiri atas 4 sesi, yaitu sesi thought catching, testing realita, cognitive rehearsal, serta sesi afirmasi dan konteks spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek kelompok eksperimen memiliki penurunan skor stres yang signifikan. Hal ini sesuai dengan hasil analisis data dengan menggunakan statistik nonparametrik uji Wilcoxon Signed Rank, diperoleh hasil nilai pre-test dan post-test serta pre-test dan follow-up memiliki z =-2,201 dengan nilai signifikan sebesar 0,028 lebih kecil dari signifika

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Oct 2024 06:26
Last Modified: 29 Oct 2024 03:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65082

Actions (login required)

View Item View Item