PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMK NEGERI KABUPATEN KLATEN
Muhammad Faa’iz Alwan Annaafi, 6101418053 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMK NEGERI KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah yang menjelaskan pentingnya peran guru dalam meningkatkan hasil belajar dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran PJOK di SMK Negeri Kabupaten Klaten. Pada penelitian ini diambil populasi dari siswa kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Klaten yang terdiri dari 11 sekolah, dan diambil sebagai sampel 10% jumlah siswa dari masing-masing sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Peran Guru sebagai variabel bebas (X) dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran PJOK sebagai variabel terikat (Y). Data peran guru diperoleh dengan memberikan angket kuesioner kepada siswa dan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PJOK diperoleh dari nilai rapot semester 4. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi antara variabel bebas dan variabel terikat. Setelah diadakan penelitian dan analisis data, diperoleh hasil dari 13 indikator peran guru sebagai berikut: guru sebagai korektor, inspirator, informator, inisiator, demonstrator, pengelola kelas, mediator, dan supervisor selalu melakukan perannya. Guru sebagai organisator, motivator, fasilitator, pembimbing, dan evaluator sering melakukan perannya. Pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan: (1) Peran guru memberikan pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar siswa pada bidang pengetahuan mata pelajaran PJOK di SMK Negeri Kabupaten Klaten; (2) Peran guru memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap hasil belajar siswa pada bidang keterampilan mata pelajaran PJOK di SMK Negeri Kabupaten Klaten; (3) Peran guru memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap hasil belajar siswa pada bidang pengetahuan dan keterampilan secara bersama-sama mata pelajaran PJOK di SMK Negeri Kabupaten Klaten. Penelitian diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan perannya pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PJOK |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:52 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65048 |
Actions (login required)
View Item |