PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI SISWA KELAS XI SMK N 10 SEMARANG
Lailatul Fadillah, 6101418005 (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI SISWA KELAS XI SMK N 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran di SMK N 10 Semarang mata pelajaran PJOK dapat dibilang masih monoton karena hanya menggunakan satu model yaitu model pembelajaran demonstrasi untuk semua materi yang diajarkan. Karena itu, siswa cenderung merasa bosan terutama pada pembelajaran senam lantai yang berbeda dengan pembelajaran lainnya seperti bola voli, sepak bola, basket, dan sebagainya. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Oleh karena itu, seorang pengajar harus berani mencoba menerapkan model pembelajaran yang lain agar siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran resiprokal. Model pembelajaran ini tidak hanya berpusat pada keterampilan siswa, akan tetapi juga nilai kognitif dan afektif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resiprokal dalam meningkatkan keterampilan senam lantai di SMK N 10 Semarang. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen one-group pretest-posttest design. sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI NKN 2 SMK N 10 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengampilan sempel adalah simpel random sampling. Hasil dari data yang dikumpulkan, rata-rata nilai pretest siswa kelas XI NKN 2 SMK N 10 Semarang adalah 62.81 sedangkan rata-rata nilai post test siswa kelas XI NKN 2 adalah 81.92. Selanjutnya untuk menguji hipotesis maka perlu dilakukan uji normalitas, dan didapatkan hasil nilai sig. pretest adalah 0,199 > alpha (0,05) maka data dikatakan berdistribusi normal. Nilai postest memiliki nilai sig. 0.064 > alpha (0,05) yang berarti data juga berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan paired sampel t-test menggunakan taraf dan didapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.00 < 0.05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan yang diperoleh adalah nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.00 < 0.05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain model pembelajaran resiprokal memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan senam lantai di SMK N 10 Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Resiprokal, Keterampilan, Senam Lantai |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:30 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65039 |
Actions (login required)
View Item |